CRM (Customer relationship management) adalah suatu strategi pedekatan dengan pelanggan yang di gunakan untuk meningkatkan tingkat kepuasan para pelanggan dan juga untuk meningkatkan profit bagi perusahaan. Manfaat yang didapatkan dengan penerapan CRM pada perusahaan adalah dapat mempertahankan loyalitas pelanggan yang lama dan juga dapat menarik dan menambah pelanggan yang baru, pelaksanaan CRM dapat dilakukan dengan sistem yang berbasiskan internet E- CRM (Electronic Customer Relationship Management) yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja.
Manfaat dari pengaplikasian E-CRM bagi perusahaan adalah mempermudah perusahaan untuk berinteraksi dan memberiakan informasi kepada pelanggan yang berasal dari berbagai tempat. Selain itu bagi pelanggan sendiri, penggunaan E-CRM dapat mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan dari perusahaan tersebut.
Terdapat 3 fase CRM yang mengilustrasikan cara untuk berfikir tentang pelanggan dan nilai bisnis dan komponen dari CRM (O’Brien & Marakas, 2011):
Sumber: (O’Brien & Marakas, 2011, p. 315)
- Acquire
Bisnis bergantung pada perangkat lunak CRM dan database untuk membantu memperoleh pelanggan baru dengan melakukan pekerjaan seperti mengatur kontak dari pelanggan, penjualan kepada pelangganyang potensial, penjualan, pemasaran langsung, dan pemenuhan atas permintaan. Tujuan dari fungsi CRM adalah untuk membantu pelanggan merasakan nilai dari sebuah produk unggulan yang ditawarkan oleh perusahaan.
- Enhance
Web memberikan kemudahan bagi CRM untuk account management, customer service, dan alat-alat bantu lainnya untuk membantu pelanggan merasa senang dengan layanan yang sangat baik dari respon yang diberikan oleh seluruh tim, baik dari tim pemasaran, layanan, bahkan dari mitra bisnis. Perusahaan juga menyediakan fitur tambahan seperti cross sell dan up sell untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Nilai yang didapat adalah pelanggan akan melakukan onestopshopping.
- Retain
Dengan perangkat lunak CRM yang ada dan database membantu perusahaan untuk melakukan analisa, mengidentifikasi, dan menentukan pelanggan yang loyal. Perusahaan memberikan hadiah khusus bagi pelanggan yang loyal sehingga pelanggan tetap dapat loyal. Nilai yang didapat oleh pelanggan adalah mendapat hubungan pelanggan yang lebih personal dengan ”perusahaan mereka sendiri”.
Leave a Reply